• All
  • Bangun Ruang
  • Cisco Networking Academy
gravatar

MODEL REFERNSI OSI DAN STANDARISASI JARINGAN KOMPUTER

Untuk menyelenggarakan komunikasi berbagai macam vendor komputer diperlukan sebuah aturan baku yang standar dan disetejui berbagai fihak. Seperti halnya dua orang yang berlainan bangsa, maka untuk berkomunikasi memerlukan penerjemah/interpreter atau satu bahasa yang dimengerti kedua belah fihak. Dalam dunia komputer dan telekomunikasi interpreter identik dengan protokol. Untuk itu maka badan dunia yang menangani masalah standarisasi ISO (International Standardization Organization) membuat aturan baku yang dikenal dengan nama model referensi OSI (Open System Interconnection). Dengan demikian diharapkan semua vendor perangkat telekomunikasi haruslah berpedoman dengan model referensi ini dalam mengembangkan protokolnya.
Model referensi OSI terdiri dari 7 lapisan, mulai dari lapisan fisik sampai dengan aplikasi. Model referensi ini tidak hanya berguna untuk produk-produk LAN saja, tetapi dalam membangung jaringan Internet sekalipun sangat diperlukan.

gravatar

Sugarboo Extra Long Digital Titanium Styler
a perfect aluminum vs titanium sweet heat to complement the sweetness of pineapple. titanium bong Sugarboo Extra Long is a perfect titanium wedding rings blend of pineapple trekz titanium headphones with sweet heat, titanium undertaker fruity flavor,